Yang Sebaiknya Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

Posting Komentar


sebelum-memulai-bisnis-online

Ingin memulai bisnis online, baik sebagai usaha sampingan atau bahkan usaha utama, tentunya tidak masalah. Asalkan, Anda tahu bagaimana cara menjalankannya secara tepat. Bagi Anda belum mempunyai gambaran tentang hal hal apa saja yang sebaiknya dipersiapkan untuk memulai bisnis online, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pilih barang yang akan dijual

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan memulai bisnis online, yaitu mencari informasi tentang barang atau akan jasa seperti apa yang akan Anda tawarkan ke pasaran. 

Dalam bisnis digital kali ini, ada cukup banyak produk atau jasa yang dapat Anda  tawarkan, untuk produk, misalnnya aneka produk kosmetik, sepatu, tas, kerajinan tangan atau yang lainnya, baik itu brand yang Anda buat sendiri atau juga brand milik orang lain. 

Sedangkan untuk jasa, terbilang cukup beragam baik itu jasa membuat website, juak beli pulsa atau kuota, dan yang lainnya. Termasuk aneka jenis jasa baru, seperti jasa jual beli robot trading, jasa jual beli crypto, dan yang lainnya.  

Yang perlu diperhatikan adalah, pilih salah satu produk atau jasa, yang memang Anda kuasai, atau setidaknya menyukai produk ata jasa tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah Anda untuk menawarkannya, karena setidaknya Anda mengetahui atau bahkan menyukai hal tersebut. 

2. Riset kebutuhan pasar

Hal kedua, yaitu melakukan riset kebutuhan pasar. hal ini bertujuan untuk mencari informasi tentang seberapa tinggi produk atau jasa yang kelak Anda jalankan tersebut. Misalnya saja Anda akan membuat usaha, atau menjadi reseler dari produk kosmetik. 

Kali ini cari tahu tentang usaha online shop terlaris, dan produk kosmetik apa saja yang biasanya digunakan oleh para konsumen. Umumnya konsumen akan terbagi menjadi beberapa kategori, mulai dari berdasarkan gender, usia, dan yang lainnya. 

Atau dengan kata lain, Anda akan melakukan riset. Dalam hal ini ada beberapa jenis riset yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu : 

Riset pasar, mulai dari siapa target pasar Anda. Apakah pria, wanita, berdasarkan usia tertentu, berdasarkan harga produk tertentu, dan yang lainnya. 

Tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan riset pesaing pasar. Dalam hal ini siapa saja para pesaing Anda, yang menjual kosmetik yang sama. Pelajari kelebihan dan sistem menjualnya. Hal ini penting, agar kelak Anda mampu menjualnya secara lebih baik, dari para pesaing tersebut. 

Keinginan para calon konsumen, seperti cara menawarkan produk, kualitas produk, harga dan yang lainnya. Hal ini penting, agar produk yang dijual kelak, benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen itu sendiri. 

3. Pelajari kelebihan dan kekurangan produk 

Salah satu resiko usaha adalah kerugian. Karena pada dasarnya setiap usaha pasti ada kerugian yang akan ditimbulkan. Yang perlu Anda lakuan adalah meminimalkan kerugian tersebut. 

Adapun salah satu caranya adalah dengan mempelajari aneka kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Dengan mempelajari kelebihan dan kekurangan dari produk, sedikit banyak Anda tahu bagaimana cara memasarkan, dan mengedukasi pada calon konsumen dengan baik. 

4. Membangun brand

Jangan lupa untuk membangun brand. Misalnya saja Anda tengah membangun jenis usaha kelompok. Maka, buat desain logo yang mampu mempresentasikan jenis usaha dan produk atau jasa yang sedang dikembangkan. 

Demikian pula ketika Anda menjadi seorang distributor atau reseler. Maka bangun brand image atau toko, sesuai dengan produk atau jasa yang akan dijalankan. 

Membangun brand ini sangat penting, agar pihak konsumen kelak mengetahui dengan mudah, produk atau juga layanan yang Anda berikan. 

5. Siapkan modal 

Hal lain yan juga penting untuk Anda perhatikan adalah mempersiapkan modal usaha. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan modal usaha, mulai dari menyisihkan uang hingga akhirnya modal yang dibutuhkan cukup. Atau jika ingin lebih mudah, yaitu melakukan pinjam modal usaha. 

Anda harus lebih cermat dalam mempersiapkan modal usaha. Yaitu dengan cara mempelajari modal untuk membeli aneka produk yang akan dijual, mempelajari aneka produk lain, yang mendukung usaha jualan Anda, dan yang lainnya. 

Kalkulasikan hal tersebut secara cermat, agar kelak, modal yang akan digunakan cukup untuk membangun usaha tersebut, jangan sampai kurang ! Tapi jika modalnya berlebih, tidak masalah, Ada dapat mengaolkasikannya untuk membeli kebutuhan jualan lainnya, atau bisa jika digunakan sebagai sebagai cadangan modal.  

6. Membuat strategi marketing

Buat bisnis plan secara tepat, mulai dari strategi pengemasan produk, strategi pengembangan bisnis, termasuk startegi marketing. 

Seperti yang selintas disebutkan pada poin sebelumnya, Anda perlu mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Kemudian lakukan riset tentang pesaing pasar. Ketahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pesaing, ambil sisi kelebihannya dan ketika ada kekurangan jadikan hal tersebut kelebihan untuk Anda. 

Senantiasa mempelajari keinginan dari target pasar, ikuti perkembangan terkini, karena hal tersebut adalah salah satu kunci sukses dari strategi marketing itu sendiri, termasuk bahan business plan.    

7. Memanfaatkan marketplace

Saat ini marketplace Indonesia terbilang cukup banyak, Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut. Dimana umumnya, layanan yang ditawarkan terbilang gratis. Secara tidak langsung, hal tersebut mampu membuat peluang usaha jadi lebih banyak. 

Ada baiknya jika tidak hanya 1 macam produk yang dijual, namun beragam. Juga sebaiknya buka di lebih dari 1 marketplace. Tujuannya tidak lain, untuk menggaet target pasar scara lebih luas.  

8. Perhatikan legalitas 

Apapun jenis usaha dagang ada baiknya jika memperhatikan tentang masalah legalitas. Untuk produk yang akan dijual, sebaiknya perhatikan legalitas dari produk tersebut. 

Apabila Anda sedang membuka bisnis rumahan, yang kelak dijual secara online, ada baiknya jika memperhatikan masalah PIRT, sertifikasi halal atau yang lainnya. Hal ini penting, agar produk yang akan dijual nanti, jelas keamanannya.  Selain itu, secara tidak langsung, hal tersebut juga memberikan perlindungan tersendiri bagi para konsumen. Termasuk menjaga kepercayaan dari para konsumen, bahwa produk yang Anda jual aman, dan berkualitas. 

9. Mempelajari media promosi tepat  

Sebelum membuka usaha, ada baiknya jika Anda memperhatikan tentang media promosi yang akan digunakan. Media promosi yang tepat, pastinya akan membantu memperlancar usaha Anda. 

Lain halnya ketika Anda menjalankan usaha wiralaba, karena umunya, jenis usaha ini sudah cukup terkenal. Yang perlu Anda lakukan dalam hal ini adalah mencari lapak atau tempat yang strategis, agar usaha yang Anda lakukan laris manis.  

Salah satu tips, dalam membuat iklan yang perlu diperhatikan adalah buat iklan yang sesuai dan pastinya disukai oleh target pasar. Kemudian letakkan iklan tersebut di berbagai tempat atau dalam hal ini sosial media, dimana para target pasar tersebut biasa menggunakannya. Terbilang simple, namun hal ini penting, agar para target pasar mengenal bisnis yang sedang Anda kembangkan.

Selain rutin melakukan iklan, lakukan juga promosi secara berkala, seperti memberikan informasi tentang adanya diskon, atau adanya layanan atau bahkan produk baru yang Anda tawarkan. Secara tidak langsung hal tersebut, mampu membangkitkan keinginan dari para target pasar, untuk mengunjungi dan berbelanja di tempat Anda.   

Demikianlah beberapa ulasan yang penting, untuk Anda yang tertarik ingin membuka bisnis online. Tentunya penting untuk memperhatikan beberapa tips di atas, agar usaha online Anda sukses.  


Related Posts

Posting Komentar