Analisis Fundamental Saham dan Caranya

Posting Komentar
cara-analis-fundamental

Mendapatkan keuntungan tentunya menjadi impian setiap orang yang berinvestasi. Oleh sebab itu, penting untuk para investor melakukan berbagai macam analisa, seperti salah satunya analis fundamental. Analisis fundamental merupakan teknik analisis yang dipakai untuk menilai kondisi keuangan dari perusahaan. 

Cara yang satu ini bermanfaat bagi investor untuk kurangi resiko investasi dengan memilih saham yang memiliki potensi untung. Lalu, bagaimana cara analisis fundamental? Mari simak penjelasan singkatnya di bawah ini. 

Apa Itu Analisis Fundamental?

Analisis fundamental merupakan salah satu metode pengukuran yang investor gunakan untuk mengetahui keamanan nilai saham. Metode ini dilakukan dengn cara memeriksa faktor keuangan serta kondisi ekonomi perusahaan yang terkait. Indikator yang dipakai di dalam analisis fundamental yakni Return to Equity, Price to Earning Ration, dan lainnya.

Selain faktor ekonomi serta keuangan, poin penting yang lainnya di dalam analisis fundamental adalah memeriksa manajemen efektivitas perusahaan serta persaingan industri. Hal ini dinilai sebagai indikator signifikan yang memberikan pengaruh pada nilai keamanan saham perusahaan.

Tujuan utama dari analisis fundamental adalah mendapatkan pertimbangan harga untuk dibandingkan dengan harga sekuritas sekarang. Dengan begitu, investor bisa menilai apakah sekuritas tersebut termasuk overvalued ataukah undervalued.

Bagaimana Cara Analisa Fundamental Saham?

Cara analisi fundamental paling sering dipakai adalah pendekatan Top Down Approach. Analisis fundamental merupakan cara yang pertimbangkan kondisi ekonomi perusahaan. Oleh sebab itu, pendekatan yang dipakai pun melibatkan kondisi fundamental serta sektor industri dari perusahaan. Berikut ini penjelasannya:

  • Kondisi Makro Perusahaan

Kondisi ini berhubungan erat dengan kebijakan yang pemerintah tetapkan. Salah satunya, yakni kebijakan terkait dengan suku bunga. Jika suku bunga naik maka kebanyakan investor memilih simpan uang di bank dibandingkan investasi saham. Hal ini pastinya akan berpengaruh pada laju roda bisnis perusahaan. Sebaliknya, jika suku bunga rendah, maka investor cenderung memilih saham untuk mendapatkan keuntungan bisnis. 

Selain itu, perkembangan ekonomi pun mempengaruhi performa dari harga saham perusahaan. Aktivitas ekonomi melemah pastinya berakibat pada menurunnya produktivitas perusahaan. Hal ini pun akan berpengaruh pada harga saham. 

  • Kondisi Sektor serta Industri

Tak dapat dipungkiri jika kondisi industri merupakan hal krusial yang berpengaruh pada tinggi rendahnya harga saham. Jika ada hal-hal terjadi pada sektor industri yang terkait, seperti kenaikan harga, maka nilai saham industri pun akan ikut naik.


  • Fundamental Perusahaan

Kondisi ini terkait kondisi internal perusahaan. Manajemen kerja serta keuangan perusahaan yang stabil akan berikan dampak yang positif pada pergerakan saham perusahaan. Oleh sebab itu, memastikan setiap pekerjaan dikelola orang kompeten di bidangnya menjadi cukup krusial.

Intinya, analis fundamental merupakan hal krusial perlu untuk dipahami setiap investor. Analisis ini bisa membantu untuk kurangi resiko kerugian dengan periksa sejumlah indikator yang terkait. Jadi, sebelum beli saham, pastikan Anda paham mengenai apa itu fundamental saham. 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar