Perbedaan Pinjaman Online dengan Bank dan Pinjol Ilegal

1 komentar

 

perbedaan-pinjaman-online

Pinjaman online merupakan platfrom berbentuk finansial teknologi (fintech) yang menyediakan jasa berupa meminjamkan dananya untuk pengguna jasa atau nasabah yang membutuhkan dimana setiap kegiatan operasinya harus sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK dimana setiap kegiatan operasinya harus sesuai dengan peraturan yang dibuat OJK.

Dari definisinya aja udah jelas kalau pinjaman online OJK ini mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi baik dari sisi penyedia jasa maupun pengguna jasa. Biar makin yakin lagi kita bakalan kulik perbedaan pinjaman online yang diawasi OJK dengan pinjaman lain nih. So, stay tune!

    Perbedaan Pinjaman Online

    1. Perbedaan pinjaman online OJK dan pinjaman perseorangan di Bank

Perbedaan yang paling umum yang membuat pinjaman online OJK blow-up di masyarakat adalah kemudahan dalam mendapatkan pinjamannya karena kebanyakan pinjaman online hanya perlu foto diri, KTP, alamat email dan akun sosial media sebagai persyaratannya, tentunya setelah mengisi data diri ya. Apabila data diri dan data pendukung lengkap dan aman untuk pencairan dananya pun tidak perlu menunggu lama.

Hal tersebut berbeda dengan pinjaman yang ada di bank konvensional. Pengajuan pinjaman yang melalui bank perlu banyak dokumen yang dilampirkan seperti halnya Kartu Keluarga, KTP, data orang tua, kartu kredit, nomor telepon rumah dan masih banyak lagi jenisnya. Setelah melengkapi persyaratan administrasi tersebut belum tentu juga dana yang kita ajukan cair lho guys! Pihak bank biasanya akan memeriksa apakah pihak calon pengguna dana memiliki kemampuan untuk mengembalikan dana tersebut atau nggak. Kelebihan dari pinjaman melalui bank adalah dapat dipastikan kerahasiaan datanya terjamin yang guys!

    2. Perbedaan pinjaman online OJK dengan pinjaman online illegal

Perbedaan yang mencolok antara pinjaman online OJK dengan pinjaman online illegal bisa dilihat dari jangka waktu pelunasan dan suku bunganya. Kalau jangka waktu pelunasan dan suku bunga terlalu tinggi atau nggak wajar, waspada ya guys! Jangan-jangan itu pinjaman online yang illegal. Selain itu terkait cara penagihan juga ya guys! Pinjaman online OJK tidak akan merugikan pengguna jasa dengan menagih dana yang tidak sesuai tenor atau bunga yang membengkak sedangkan pinjaman online illegal selain bisa menagih tenor yang tidak sesuai dalam penagihannya pun terkadang menggunakan cara yang tidak diizinkan oleh OJK.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan apa saya yang perlu dipahami untuk melakukan pinjaman online yang aman dan legal, yaitu:

  • Hanya meminjam pada perusahaan financial technology yang legal dan aman seperti yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal tersebut bisa dilakukan dengan memeriksa fintech yang akan dipakai sebelum mengunduh aplikasinya ya guys!
  • Carilah finansial teknologi yang punya bunga rendah walaupun tidak bisa dipungkiri kalau rata-rata bunga dari finansial teknologi tuh tinggi tapi dari sekian banyak platform fintech pasti ada yang paling rendah. Kalau boleh menambahkan ada baiknya pilih pinjaman online OJK yang bunganya tidak lebih dari 1% dalam sehari ya!
  • Rajin mencatat jumlah pinjaman dan tanggal jatuh tempo. Pada umumnya di aplikasi finansial teknologi (fintech) sudah tertera tetapi jauh lebih baik kalau kalian memiliki catatan kalian sendiri yang disimpan di tempat lain untuk kemudahan dalam mengingat atau mengurus apabila terjadi masalah.
  • Pastikan tidak ada pungutan biaya sebelum melakukan pencairan dana. Pinjaman online OJK nggak akan memberatkan nasabahnya untuk melakukan pembayaran biaya administrasi atau yang lainnya sebelum dana pinjaman cair.
  • Pinjaman online OJK tidak bersifat memaksa. Apabila ada yang membujuk atau bahkan memaksa kalian untuk meminjam biasanya hal tersebut berasal dari ajakan rentenir online, jadi hati-hati ya guys!

Related Posts

1 komentar

  1. wow! nice sir, I really appreciate everything that you do. You inspire me to be a better person and useful amazing content idea you will post. You have the best ideas.click here

    BalasHapus

Posting Komentar