Masih Jadi Perdebatan ! Investasi dan Trading Apa Bedanya ? Berikut Ini Penjelasannya

Posting Komentar

Perbedaan Investasi dan Trading - Masih menjadi topik pembahasan yang belum sudah-sudahnya sampai saat ini, antara trader dan komunitas investor masih mempermasalahkan mengenai apa perbedaan signifikan antara model investasi dan trading.

perbedaan-investasi-dan-trading


Apa itu Investasi ?

Investasi adalah aktivitas menanam modal berupa uang atau aset berharga lainnya dan mempercayakannya kepada lembaga atau pihak yang menerima modal untuk digunakan kemudian pemodal berharap untuk mendapatkan keuntungan dikemudian waktu.


Investasi pada umumnya yaitu pihak satu (pemodal) dan pihak dua (penerima manfaat modal) kemudian dana investasi di gunakan untuk keperluan perusahaan untuk meningkatkan kinerja baik melalui pengadaan operasional perusahaan.


Ciri khas dari investasi yaitu dilakukan oleh seseorang yang menjadi penanam modal, kemudia pihak yang membutuhkan modal adalah perusahaan yang menjual sahamnya secara publik. Keuntungan yang di dapat melalui investasi biasanya berdasarkan jangka waktu tertentu yang telah di tetapkan untuk memperoleh profit dari aset yang di miliki investor (pemodal).


BACA JUGA


Apa Itu Trading ?

Trading merupakan aktivitas jual beli aset, atau juga dapat berupa saham dan uang. Pelaku trading di sebut trader, biasanya seorang trader akan melakukan aktivitas jual beli seperti trading emas, trading saham, trading forex, trading obligasi, dan juga trading cryptocurrency.


Sebenarnya trading dan investasi hampir serupa karena sama-sama merupakan aktivitas jual beli. Jika investasi merupakan jual beli saham, maka trading juga dapat memiliki model seperti itu. Ciri dari kegiatan trading yaitu jangka waktu yang lebih cepat bisa di katakan investasi micro, perdagangan singkat alih-alih karena fluktuatif harga aset yang sangat cepat.


Apa Perbedaan Investasi dan Trading ?

Perbedaan yang menonjol antar investasi dan trading adalah investasi merupakan kegiatan jual beli aset atau saham yang memiliki waktu perolehan profit dalam jangka waktu lama biasanya beberapa bulan atau bahkan bisa tahun untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan trading perbedaannya dengan investasi adalah kegiatan jual beli aset yang memiliki sifat fluktuatif harga aset yang cenderung lebih cepat berubah hingga trader perlu melakukan monitorin atau mengawasi asetnya dengan managemen resiko yang lebih teratur.


Intinya dapat diketahui apa yang membedakan investasi dan trading, sebenarnya aktivitas investasi dan trading sama keduannya yaitu jual beli aset ataupun saham. Hanya saja investasi memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk memperoleh profit, sedangkan trading cukup memerlukan waktu yang lebih singkat untuk mengambil profit akan tetapi ukuran risk (resiko) lebih besar di bandingkan investasi yang lebih aman bagi pemula.


Dalam diskusi komunitas investor indonesia di katakan bahwa "investasi dan trading itu sangat berbeda, investasi itu tidak akan mendatangkan kerugian dan pastinya menguntungkan kedua belah pihak". Kemudian di lain pihak juga mengatakan "Trading dan investasi itu sama, yang membedakannya hanya jangka waktu saja. Kegiatannya juga sama-sama menguntungkan beberapa pihak malah dapat lebih dari dua pihak dalam satu market yang sama".


Sejujurnya jika menanggapi pendapat tersebut jawaban yang dapat ditemukan adalah sama-sama benar, namun konsep antara investasi dan trading memang jelaslah sama yaitu jual beli aset. Walau bagaiimanapun jika Kita membandingkannya memang tingkat resiko trading lebih besar dibandingkan investasi karena flutktuatif harga aset yang di tradingkan cenderung bergerak lebih cepat sehingga akan beresiko jika trader tidak melakukan managemen risk pada saat melakukan trading.


Jika mencontohkan model investasi saja, seperti hal nya Kita melakukan investasi atau menanamkan modal di perusahaan perbankan, seperti yang di ketahui bahwa saham perbankan cenderung terus meningkat harga sahamnya dalam periode tahun. Oleh itu dapat menggambarkan jelas bahwa investasi bisa saja hampir tanpa resiko, namun jika salah ambil langkah seperti membeli saham pada saat harga saham sedang naik-naiknya dapat mengakibatkan kerugian apabila harga aset turun.


Mengetahui perbedaan investasi dan trading di atas, mungkin dapat menjadi jawaban bagi Anda. Kesimpulannya investasi dan trading itu memiliki konsep atau model dasar yang sama yaitu jual beli aset, akan tetapi yang menjadi tolak ukur untuk membedakannya adalah jangka waktu dan jenis aset yang di perdagangkan untuk mengetahui perbedaannya.

Related Posts

Posting Komentar