5 Pertimbangan Cara Memilih Kartu Kredit

Posting Komentar

cara-memilih-kartu-kredit

Di era marketplace saat ini yang serba canggih, cenderung orang memilih menggunakan kartu kredit sebagai pilihan utama dalam  bertransaksi. Alasanya adalah kemudahan ketika digunakan untuk berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya. Saat ini pula banyak layanan perbankan yang siap saling berlomba-lomba  menerbitkan kartu kredit masing-masing dan memberikan berbagai penawaran promo diskon menarik baik di gerai ataupun via online. Banyak bank yang menawarkan berbagai kemudahan dan keamanan untuk menarik minat konsumen agar memilih produk kartu kredit  mereka sebagai alat pembayaran yang tepat. Saat ini hampir semua bank memiliki layanankartu kredit untuk memenuhi harapan para nasabahnya.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran berupa kartu seperti kartu debit yang fungsinya untuk mengganti uang tunai, saat ini juga marketplace juga menyediakan layanan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit. Walaupun begitu terkadang masih banyak orang belum mau memaanfaatkan kartu kredit. Banyak faktor alasan kenapa kartu kredit masih belum familiar di Indonesia, terutama masih rendahnya tingkat pemahaman dan edukasi tentang kartu kredit itu sendiri. 

Kartu kredit memiliki ukuran dan juga spesifikasi yang sama meskipun diterbitkan dari berbagai bank, karena telah dispesifikasikan dengan standar ISO 7810. Kartu kredit juga memiliki banyak manfaat di era saat ini, seperti mendapatkan promo diberbagai gerai toko ataupun ketika membayar tepat waktu bisa memperkuat reputasi kita sebagai debitur dimata perbankan. Oleh sebab itu, terkadang memang perlu untuk memiliki kartu kredit melihat banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan. Dan saat ini jika anda sedang mencari kartu kredit terbaik sebagai kebutuhan keuangan Anda, silahkan simak dan perhatikan cara memilih kartu kredit berikut :

Cara Memilih Kartu Kredit

Sebelum membuat kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar bisa menentukan yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak menyesal nantinya. Yuk, simak beberapa cara dibawah ini!

1. Melihat kredibilitas bank

Hal utama yang harus Anda perhatikan cara memilih kartu kredit adalah mengetahui background dari perbankan yang menerbitkan kartu tersebut. Bank yang menawarkan kartu kredit akan memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik, hal ini juga sudah diatur oleh OJK karena memiliki tingkat NPL yang rendah sehingga memiliki ijin untuk menerbitkan karu kredit. Penerbit kartu kredit akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda sebagai pemegang kartu. Kredibilitas bank bisa kita ketahui dengan melihat tingkat kesehatan dari perbankan itu sendiri. Bisa dicek melalui laman ojk sebagai lembaga pengawas dari perbankan.

2. Pertimbangkan tingkat keamanannya

Kemudian pertimbangkan dari segi keamanannya. Ketika digunakan untuk bertransaksi. Bank penerbit kartu kredit, pasti akan memberikan keamanan, kenyamanan, dan manfaat lebih bagi semua nasabahnya. Pilihlah perbankan yang menjaga keamanan melalui double otentifikasi, sebagai penyaring keamanan bertransaksi. Aktifkan pin dan jaga selalu CVV di kartu anda. Bentuk keamanan kartu dari perbankan adalah sms notifikasi saat ini, dengan itu anda selalu bisa mengecek, mengetahui setiap transaksi yang berlangsung. 

3. Pertimbangkan biaya - biayanya

Cara memilih kartu kredit selanjutnya adalah , ketahui mengenai biaya-biaya yang harus dibayarkan seperti biaya administrasi, bunga, Iuran tahunan dan biaya lainnya. Hal ini yang selalu menjadi pertimbangan setiap memilih kartu kredit. Ketahui selalu iuran tahunan dan tingkat suku bunga penggunaan kartu kredit. Anda bisa bertanya atau cek di laman masing-masing perbankan untuk mengetahui tingkat pembayarannya.
  • Suku bunga tinggi

    Walaupun terkadang ada kartu yang memiliki suku bunga tinggi tapi ini bisa cocok bagi Anda yang menggunakan kartu tersebut untuk sering berbelanja, baik di outlet langsung ataupun melalui online. Karena meskipun jenis kartu ini menawarkan suku bunga tinggi, namun memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah bebas dari biaya tahunan, tetapi ada cashback, diskon dan memberikan point reward untuk setiap bertransaksi.
  • Suku bunga rendah 
           Suku bunga rendah cenderung cocok untuk membayar tagihan atau cicilan dengan  
           jumlah yang kecil. Kartu jenis ini biasanya ada biaya tahunan dan juga tidak 
           memberikan penawaran seperti cashback atau diskon yang besar. Memang selalu ada  
           plus minus dalam bertransaksi.

4. Penawaran diskon yang sedang berlaku

Penawaran diskon atau potongan harga merupakan hal yang sering dicari sebagai manfaat lebih memiliki kartu kredit. Contoh bagi yang memiliki kebiasaan hobi berbelanja dimarketplace, sebaiknya mencari jenis kartu yang memberikan banyak penawaran diskon. Sebagai penerbit kartu, hobi belanja menjadi peluang untuk menjual kartu kredit dengan bekerja sama dengan berbagai pihak merchant. Pilihlan kartu yang memiliki banyak diskon terutama untuk saat ini, berbagai hotel, marketplace, Outlet offline, hampir semua sudah bekerja sama dengan perbankan untuk menarik daya beli masyarakat.

5. Memperhatikan customers service
Customer service juga menjadi bagian paling penting selanjutnya untuk dipertimbangkan saat memilih kartu kredit. Karena sebagai customer diperhatikan dan mendapatkan layanan yang maksimal adalah keinginan tersendiri. terkadang ada kendala sendiri dalam menggunakan kartu kredit, hal ini lah yang menjadi kenyamanan kita untuk menyampaikan kendala dan mendapat feedback dari customer service. Kemudahan customer service untuk dihubungi dan layanan 24 jam adalah pertimbangan utama.

Saat ini hampir semua perbankan memiliki aplikasi tersendiri untuk pengajuan kartu kredit. Dengan adanya aplikasi hal ini tentu dapat memanjakan customer dalam berinteraksi dan tak perlu repot-repot harus datang ke bank langsung. 

Jadi, dengan banyaknya penawaran kartu kredit yang menjanjikan dan memberikan banyak keuntungan menarik, ketahuilah cara memilih kartu kredit agar tidak menyesal dikemudian harinya. Sebagai pengguna, maka Anda harus lebih cerdas dan bijak dalam mengontrol dan pemanfaatan kartu kredit. Dan ingat kartu kredit harus dibayar tepat waktu agar tidak perlu membayar bunga penaltinya. Biasanya jangka waktu pembayaran adalah 1 bulan setelah transaksi dilakukan

Anda dapat melihat spesifikasi setiap kartu kredit di Cekaja.com. Laman tersebut merupakan salah satu aplikasi toko financial online yang ada di Indonesia dengan menghadirkan berbagai informasi dan layanan berkualitas yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan dalam hal yang berhubungan dengan kartu kredit. Bijaklah dalam mengatur keuangan, kartu kredit bukan alat meminjam tapi alat untuk memudahkan finasial anda.

Related Posts

Posting Komentar