Memulai Bisnis Jualan Baju Online

Posting Komentar

Bisnis Jualan Baju Online

Tahun demi tahun b
isnis jualan baju selalu ada, tapi perlahan mulai berubah untuk skema, dahulu secara offline sekarang sudah berganti menjadi online. Kita dapat melihat banyak sekali shop baju online yang ada di media sosial instagram, whatsapp, ataupun marketplace populer. Usaha Jualan baju online menjamur dimana-mana karena peluang fashion yang tidak ada habisnya. Ketika memulai apa saja sih pertimbangannya, kita akan ulas cara dan tips bagaimana Anda bisa memulai bisnis pakaian agar sukses, semoga bermanfaat.

Sebenarnya suatu bisnis dapat dijalankan dengan baik secara online maupun offline pasti memiliki tantangan tersendiri. Butuh pengalaman dan pembelajaran untuk memulai bisnis berjualan. Anda juga harus tahu terkait trend fashion, peluang bisnis online, harga dipasaran sampai strategi pemasaran yang tepat untuk membuat usaha Anda unggul dari pesaingan bisnis lainnya.
 
Tantangan terbesar saat ini adalah banyaknya penjual baju yang beredar, baik offline ataupun online. Ada banyak cara agar jualan  menjadi laku dan menghasilkan keuntungan. Walaupun banyak faktor yang mempengaruhi, kami akan mencoba berbagi tips dan berbagai cara ampuh berbisnis jualan baju online yang mudah dipraktekkan dan semoga dapat membantu.

Memulai Bisnis Jualan Baju Online bagi Pemula 

1. Menarik perhatian pengunjung

Tips pertama akan menjadi sasaran adalah “bagaimana cara agar orang tertarik dengan bisnis Anda saat pertama kali berkunjung atau melakukan transaksi?” 
Kesan pertama pengunjung adalah harga mati, penting agar pengunjung menjadi pelanggan tetap Anda dan tidak mudah berpindah ke toko baju lainnya. Manfaatkan semaksimal mungkin  fitur untuk mempercantik dekorasi toko online, gunakan feed yang menarik baik di akun bisnis instagram atau menggunakan marketplace populer. 
Berikan keterangan produk yang lengkap, feed yang menarik, fitur dan fasilitas yang lengkap dan lain sebagainya. Tetap ingat informasi yang diberikan harus sesuai dengan kenyataan. Jangan membuat pembeli merasa kecewa karena produk tidak sesuai dengan deskripsi yang diberikan di toko online.

2. Menentukan Produk Bisnis

Langkah kedua, tentukan produk yang akan Anda jual. Bervariasinya produk fashion, bervariasi juga pilihannya, kita dapat menjumpai banyak sekali jenis fashion dengan merek yang berbeda beda pula. Mungkin hal itu akan membuat bingung bagaimana caranya memilih produk yang paling dicari. Lakukan riset pasar itu jawabannya. Coba pahami fashion trend terbaru dan coba manfaatkan fitur google trend, lihat dan pahami trend merk baju dan lokasi setiap kotanya, sangat bervariatif tapi pasti tepat sasaran.
Contohnya jika sasaran Anda adalah anak anak muda yang biasanya mengutamakan fashion, carilah kebutuhan tersebut. Update lah database terkait perkembangan fashion itu sendiri.

 

3. Memanfaatkan teknologi untuk berjualan


Semakin maju teknologi, semakin maju pula cara kita untuk memanfaatkannya. Usahakan toko online atau bisnis agar cepat dikenali oleh para pembeli, gunakanlah secara maksimal berbagai teknologi ataupun aplikasi seperti memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, marketplace dan website. Website biasanya hanya untuk melengkapi proses jual beli produk menjadi lebih mudah dan praktis.
Penggunaan media sosial memiliki pengaruh mengingat sekarang hampir semua orang mengakses media sosial, dapatkan pelanggan anda dengan menjaring kebutuhan pelanggan.

4. Memperlihatkan manfaat dan testimoni

Bersikaplah ramah, karena hal tersebut menjadi tolak ukur di bisnis online, pengunjung akan melihat manfaat atau testimoni dari produk yang akan mereka beli. Dengan menunjukkan penilaian dan testimoni hal ini akan memberikan secara tidak langsung dorongan pembeli untuk membeli produk.
Testimoni sendiri secara tidak langsung akan membangun kredibilitas dan kepercayaan para pembeli. Mereka cenderung percaya dengan yang terlihat dan memiliki pengalaman berbelanja sebelumnya.

Tips memilih Baju

5. Memberikan harga terbaik, bonus dan Diskon


Harga terbaik adalah harga yang benar-benar terjangkau oleh pembeli. Harga yang masuk akal dimana tidak terlalu murah atau bahkan terlalu mahal untuk dimiliki. Dalam berbagai event jangan lupa untuk  memberikan bonus kepada pelanggan, potongan harga atau diskon. Hal ini akan menarik para pembeli dan berpikir untuk memanfaatkan moment tersebut. Bisa juga berikan bonus dengan mengadakan giveaway yang bisa menarik banyak perhatian calon pembeli anda.

6. Analisa Masalah dan berikan Solusi

Berjalannya waktu mungkin akan menemui beberapa pelanggan yang sebenarnya tidak memiliki cukup pengetahuan terkait trend fashion. Mereka akan bertanya terkait bahan pakaian yang bagus digunakan, dan ukuran yang cocok saat pembeli tidak bisa melihat atau mencoba secara langsung pakaian tersebut.
Tulis lengkap dan deskripsikan hal tersebut di keterangan, analisa SWOT juga sangat penting untuk diterapkan , untuk mencegah kaburnya pembeli.

Baca Juga  : Analis SWOT

7. Terus update trend fashion, keunikan dan inovasi produk

Tetap jalankan bisnis anda, pasarkan melalui banyak media sosial, cari engagement sebanyak-banyaknya. Kemudian jangan lupa untuk selalu update dalam mencari keunikan serta inovasi produk terbaru berdasarkan perkembangan trend fashion. Kelola toko anda secara konsisten, perhatikan langkah anda.

Informasi terbaru seputar  Tips Jualan Baju Online yang perlu diketahui sebagai modal pembekalan ilmu untuk sukses dalam dunia bisnis online. Meskipun hanya berjualan baju, aturlah sebaik mungkin strategi untuk mendapatkan pelanggan. Masih banyak juga hal-hal yang harus dipahami mulai dari pencari supplier, marketingan online, harga pasar yang perlu agar menghasilkan dan menjadi sukses. Selain kerja keras juga harus diimbangi dengan dengan kerja cerdas. Untuk melihat peluang dagang, terapkan strategi penjualan yang cocok dan manfaatkan teknologi  dan aplikasi modern semaksimal mungkin. Walaupun disini masih sebagian yang kita tulis, tapi kedepannya secara lebih spesifik, kita akan memberikan lebih banyak pemahaman dalam berjualan baju secara online.

Related Posts

Posting Komentar