Analisis SWOT, Cara Identifikasi Peluang Usaha yang Potensial

Posting Komentar


Memang banyak peluang usaha yang bisa ditekuni untuk mendatangkan keuntungan. Namun, tidak semua peluang usaha tersebut menguntungkan untuk Anda. Karena hal tersebut, Anda harus melakukan
cara identifikasi peluang usaha untuk tahu apakah usaha tersebut menjanjikan untuk Anda atau tidak.

Tujuan Analisis Peluang  untuk Bisnis

Mengapa perlu dilakukan analisis peluang bisnis? Hal tersebut dilakukan untuk tujuan berikut ini:

1. Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar.

2. Mencegah kerugian yang besar atau kebangkrutan.

3. Tahu keunggulan produk yang bisa dimaksimalkan.

4. Tahu minat konsumen atau minat pasar atas produk yang akan Anda tawarkan.

5. Mengetahui dan menetapkan teknik penjualan yang tepat, baik online ataupun offline.

6. Tahu berapa lama usaha tersebut akan bertahan dan berjalan.

7. Tahu berapa perkiraan rugi laba yang akan Anda dapatkan ketika bisnis dijalankan.

Cara Menganalisis Peluang Usaha

Lantas, bagaimana cara menganalisis peluang bisnis? Caranya paling mudah adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Hal yang dianalisis adalah:

1. Strength (Kekuatan)

Analisis ini membahas mengenai keunggulan dari bisnis Anda. Jika perlu ketahui keunggulan peluang usaha yang Anda miliki dibandingkan yang lainnya. Kekuatan bisnis ini akan memberikan pengaruh yang positif untuk bisnis Anda.

Kekuatan bisnis tersebut mencakup mengenai produk, produksi atau apapun itu dari bisnis yang akan Anda jalankan. Dari kekuatan atau keunggulan tersebut, Anda bisa memaksimalkannya lewat strategi pemasaran yang tepat.

2. Weakness (Kelemahan)

Kelemahan ini berkaitan dengan kelemahan dari peluang bisnis tersebut untuk Anda yang bisa berpengaruh negatif di masa depan. Dengan mengetahui kelemahan bisnis, maka Anda bisa meminimalisir kerugian yang akan Anda dapatkan di masa depan.

3. Opportunities (Peluang)

Analisis ini berkaitan dengan apa saja peluang yang dimiliki oleh bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkannya untuk memaksimalkan penjualan ataupun mengembangkan bisnis.

4. Threats (Ancaman)

Analisis ini berkaitan dengan faktor atau hal apa saja yang menjadi ancaman untuk perusahaan Anda. Misalnya kelangkaan bahan baku, kemajuan teknologi, keterbatasan pangsa pasar ataupun yang lainnya.

Setelah Anda menganalisa, jangan lupa untuk membuat business plan agar Anda lebih fokus dalam berbisnis ataupun mencari investor.

Itulah cara identifikasi peluang usaha yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba dan mendapatkan usaha yang tepat untuk Anda jalankan dan kembangkan ya. 




Related Posts

Posting Komentar