Tips Usaha Franchise agar Mendatangkan Keuntungan

Posting Komentar

Usaha Franchise

Franchise menjadi salah satu usaha menjanjikan yang dapat Anda pilih untuk berbisnis. Keuntungannya, Anda tidak perlu menyiapkan produk ataupun brand karena sudah disediakan oleh pemilik bisnis. Agar lebih menguntungkan, ada beberapa tips usaha franchise berikut ini yang dapat Anda lakukan.

1. Selektif

Sesuaikan jenis franchise tepat berdasarkan pada faktor tertentu. Misalnya minat atau kesukaan Anda, tempat Anda akan membangun franchise tersebut hingga kebutuhan masyarakat.

Kenapa perlu selektif? Ini karena modal yang Anda gunakan untuk franchise cukup besar sehingga sebisa mungkin Anda harus mengurangi resiko kerugian. Anda bisa melakukan analisis terlebih dahulu untuk tahu apakah franchise tersebut cocok untuk Anda jalankan atau tidak.

Untuk memilih pemberi franchise maka Anda juga harus selektif. Misalnya apakah pemberi waralaba tersebut terpercaya atau tidak dan bagaimana sistemnya. Dengan begitu, ketika Anda menjalankan bisnis franchise tersebut, Anda tidak akan mengalami masalah.  

2. Tulis Rencana Bisnis

Jangan lupa untuk menuliskan rencana bisnis waralaba yang akan Anda lakukan. Rancangan bisnis ini akan membantu Anda untuk lebih terorganisir. Bahkan Anda bisa menentukan strategi tambahan yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis di tempat Anda agar mendapatkan keuntungan.

3. Cek Perjanjiannya

Sebagai penerima , Anda harus menyepakati perjanjian dengan franchisor. Namun, bisa saja dari perjanjian tersebut ada yang merugikan pihak Anda. karena hal tersebut, cek apakah ada isi perjanjian yang merugikan Anda atau tidak.

Jika pun ada yang kurang Anda mengerti, sebaiknya ditanyakan, misalnya mengenai pembagian keuntungan. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa dirugikan di masa depan.

4. Manfaatkan Dukungan dari Franchisor

Sebagai pemberi waralaba, franchisor tentu akan menyediakan fasilitas seperti bahan baku minuman yang bisa Anda gunakan. Karena hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan segala bentuk dukungan ataupun sumber daya yang diberikan oleh franchisor agar bisnis Anda maksimal.

5. Lokasi Strategis

Jangan lupa untuk memilih lokasi yang strategis. Dengan begitu, peluang penjualan juga akan meningkat.

6. Pasarkan

Jangan lupa untuk melakukan pemasaran, baik secara online maupun secara offline. Pemasaran ini harus disesuaikan juga dengan situasi dan kondisi bisnis Anda. Dengan begitu, bisnis Anda bisa menyasar pangsa pasar yang lebih tinggi.

Itulah tips usaha franchise yang dapat Anda lakukan. Semoga tips tersebut bermanfaat dan Anda mendapatkan keuntungan. 

Related Posts

Posting Komentar