Ads 720 x 90

Cara Membunuh Benalu di Pohon Sawit

cara membunuh benalu


Cara Membunuh Benalu di Pohon Sawit terkadang susah susah gampang, apalagi bagi anda yang belum pengalaman. Membunuh benalu di pohon sawit jika kita tidak paham cara nya bukan nya benalunya mati akan tetapi malah akan sangat merepotkan. Pernah ada salah satu petani yang ingin membunuh pohon beringin yang menempel di pohon sawit, karena beliau tidak paham cara bagaimana membunuh pohon beringin ke pohon sawit maka beliau membersihkan akar akan yang menjuntai di bawah, alhasil bukan nya pohon beringin nya mati malah tumbuh subur dan sangat tinggi di atas tidak dalam jangkauan. Nah bagi anda yang mencari cara paling efektif membunuh benalu di pohon sawit semoga artikel ini bisa membantu.

Hal dasar yang wajib anda tau adalah, setinggi apapun letak benalu yang ada di pohon sawit maka akar nya akan tetap ada yang menjuntai sampai di bawah pada tanah, minimal mendekati ke tanah lah. Benalu apapun jenis nya yang menempel di pohon sawit lama kelamaan maka akan muncul akar yang terus menuju bawah bahkan sampai ke masuk kedalam tanah, anda bisa cek dengan membongkar bekas pelepah yang menempel di pohon sawit. Benalu yang sering kita jumpai di pohon sawit adalah jenis Pohon ringin dan sejenis nya.

Oke setelah anda paham dengan konsep di atas mari kita bahas cara paling mudah membunuh pohon benalu di sawit seperti di bawah ini :

cara bunuh beringin di sawit
Garlon Obat Pembunuh Benalu dan semua jenis pohon


Langkah pertama Cara Membunuh Benalu di Sawit : Langsung cek apakah sudah ada akar benalu tersebut yang sampai di bawah. Anda bisa langsung mencari di bagian paling bawah yaitu dekat dengan tanah. Jika ada, cek secara total ada berapa akar yang sudah menancap di tanah. Silahkan kupas bekas bekas pelepah pada bagian bawah agar maksimal dalam pencarian akar tersebut.

Jika belum ada akar benalu tersebut yang mencapai tanah maka cari saja akar yang sudah sampai mendekati paling bawah. Bisanya setinggi 1 meter dari tanah sudah nampak akar akan benalu tersebut.

Langkah kedua Cara Membunuh Benalu di Sawit : Jika langkah pertama telah anda dapatkan akarnya maka selanjut nya adalah dari akar benalu tersebut cari yang paling besar yang paling dekat dengan tanah, 1 atau 2 akar. Sebenar nya 1 akar saja sudah cukup meskipun banyak akar yang sampai di tanah namun sekalian akar yang lain tidak masalah biar puas toh cara nya mudah dan hemat biaya, alias tidak perlu modal banyak.



Jika sudah paham maka kerik lah akar tersebut dengan kaca, atau pisau atau apapun. Ingat hanya di kerik kulit arinya ya...bukan di kupas seperti mau mencangkok. Hanya di kerik tampak putih saja namun bukan di kupas kulit nya. Paham? silahkan anda kerik sekitar 5 jari tangan gak papa, atau 4 jari tanyan boleh saja. Yang penting di kerik total melingkar.

Dan yang paling penting agar cara membunuh benalu paling efektif ini bekerja maka jangan memotong akar yang menjuntai ya....Ingat jangan pernah memotong akar apapun. Biarkan saja semua nya berjalan natural. Karena jika anda potong akar yang menancap di akar maka dia akan mencari sumber makakanan lain yang di tengah batang. Jadi konsep nya, akar jangan di potong, namun hanya di kerik saja hingga tampak putih. Paham? cek gambar ya

Langkah ketiga Cara Membunuh Benalu di Sawit : Selanjutnya pada tempat kerik an di akar benalu tadi oleskan dengan obat garlon secara merata (cek gambar di atas). Anda bisa mendapatkan obat ini di semua toko obat dan toko pertanian. Oleskan menggunakan kayu atau kuas atau batang pohon kecil yang ujung nya kita pukul pukul mirip kuas. Paham? Oleskan hanya pada bagian yang di kerik saja secara merata.



Cara membunuh benalu di sawit dengan obat garlon seperti di atas adalah yang paling efektif dan paling hemat dari semua cara. Mengapa? Karena 1 botol garlon bisa untuk ratusan pohon. Sisa dari garlon nya pun bisa untuk tambahan obat semprot pestisida. Juga membunuh benalu dengan garlon ini bisa anda tepakan bahkan saat musim hujan. 1 atau 2 jam setelah anda oles hujan pun tidak masalah. Tetap akan mati.

Langkah ke empat Cara Membunuh Benalu di Sawit : Selanjut nya setelah anda oles secara merata dengan obat garlon maka tinggal menunggu saja, maka lama kelamaan pohon benalu tersebut akan menguning dan pada akhir nya akan mati. Waktu kematian nya tergantung besar kecil nya benalu tersebut dan banyak nya akar cabang. Ada yang 2 minggu dah menguning, ada yang 1 bulan baru nampak hasil nya. Yang jelas tunggu saja nanti akan menguning dan mati total.


Mungkin ada yang bertanya kenapa hanya di kerik saja akar nya? Kenapa tidak di potong? Yup konsep membunuh benalu dengan garlon ini hanya di kerik saja akar nya dan tidak di potong karena konsep nya biar akar tetap mencari makan, tetap mengantarkan makanan seperti biasanya namun di tengah jalan dia sambil membawa racun dari garlon yang kita oleskan tadi. Karena jika di potong maka akar akan cari makanan pada bagian atas saja, jadi jangan di potong akar nya agar tetap cari makan di bagian bawah (Tanah). Paham konsep nya? 

Apa kelebihan cara versi saya ini dengan cara membunuh benalu yang lain? Oke mari kita sedikit bahas ya...

Ada banyak cara membunuh benalu di pohon sawit ini sebenar nya. Oke yang perlu di garis bawahi cara ini bukan hanya untuk membunuh benalu di pohon sawit saja ya, tapi cara ini bisa untuk semua pohon. bisa benalu yang ada di pohon jati, pohon jeruk dll... asal konsep nya sama, ini bisa di terapkan.

Oke mari kita bahas, anda bisa membunuh benalu ini dengan cara pertama yaitu benalu kita bersihkan secara manual dengan parang atau sabit sampai bersih.

Cara ini tidak efektif, selain capek juga ketika benalu itu tinggi maka cara pertama ini tidak bisa anda laksanakan. Kemudian jika anda membersihkan nya tidak bersih maka sisa sisa akar akan tetap hidup apalagi yang berada pada bagian atas, ini akan sangat merepotkan.


Cara kedua adalah kita bunuh benalu dengan cara di impus menggunakan obat semisal gramaxone atau obat yang lain nya. Cara ini adalah dengan memutus akar benalu kemudian obat di masuk kan dalam tempat misal plastik lalu akar kita celupkan di obat tersebut. Mirip dengan garlon namun ini akar nya di potong.

Cara ke dua terkadang sukses besar namun masih ribet dan tidak efektif. Kami telah banyak melakukan riset soal ini. Cara ke dua ini rawan akan pecah atau tumpah dan juga hujan tinggi. Ketika pecah maka sawit akan rusak karena tersiram dengan obat / racun murni. Juga ketika curah hujan tinggi maka tempat tersebut akan penuh dengan air karena ikut merembes lewat akar sehingga benalu tidak jadi mati ketika curah hujan tinggi setelah anda lakukan cara kedua ini.

Cara kedua juga memiliki kelemahan yaitu cara kedua ini benalu mati berlahan dari bawah, lalu merembet sampai ke atas. Yang terjadi adalah ketika baru mati bagian bawah dan tiba tiba waktu rotasi panen dan akar tersebut kena pelepah atau buah dan patah maka bagian atas tidak jadi mati. Paham?

Jadi cara membunuh benalu paling efektif adalah dengan menggunakan garlon seperti cara cara yang telah kami paparkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan anda share agar petani yang lain tau akan manfaat nya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter