Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pondok Pesantren Terbaik Di Merangin

Pondok Pesantren Terlengkap Di Merangin
Sebagian Santri Saat acara Wisuda

Pondok Pesantren Terbaik Di Merangin sebenarnya ada banyak, akan tetapi kami dari gooblin news akan melihat dan mereview dari berbagai sisi sehingga bisa menjadi referensi bagi pembaca yang ingin menitipkan anak anak nya di pondok pesantren. Pondok pesantren paling lengkap dan pondok pesantren dengan biaya paling murah akan kami ulas pada postingan kali ini, sehingga dari kedua nya bisa kami simpulkan menjadi ponpes terbaik di wilayah Merangin, Bangko Jambi.

Pondok Pesantren Terbaik Di Merangin

Pondok Pesantren Terbaik Di wilayah bangko versi gooblin news periode 2021 ini terletak di desa Tambang Emas A1, Kecamatan Pamenang Selatan Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Pondok pesantren ini bernama Pondok pesantren Sulthon Fattah, yang di asuh oleh Romo Kyai H. Muhlasin Ar. Pondok pesantren ini dilingkungan lebih di kenal dengan nama ponpes Sulfat (Singkatan).

Mengapa Ponpes Sulfat ini bisa masuk dalam kategori pondok pesantren terbaik di merangin versi gooblin news? Tentu terdapat banyak alasan dan pertimbangan team gooblin news menobatkan jika ponpes Sulthon Fattah ini sebagai pondok pesantren paling lengkap dan pondok pesantren terbaik di merangin. Berikut yang dapat kami simpulkan setelah team kami bersilaturrohmi di ponpes sulfat tersebut.

A. Ponpes Sul-Fat Memiliki Jenjang pendidikan Formal yang lengkap

Salah satu alasan Ponpes Sul-Fat masuk dalam kategori pondok pesantren terbaik di wilayah bangko karena pondok pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat lengkap, baik pendidikan pada umumnya atau pendidikan khusus ala pesantren.

a) Jenjang pendidikan Formal di Pondok Pesantren Sulthon Fattah Pamsel Merangin, Jambi

1. Paud / Kelompok Bermain, dan TK Sulthon Fattah

Ponpes Sulthon fattah memiliki jenjang pendidikan paling dasar dan fasilitas yang lengkap. Pra Paud dan Paud atau KB yang dimiliki ponpes sulfat ini ditangani oleh bunda bunda yang sangat ahli di bidang nya dan tentunya islami. Sedari dini anak anak sudah di ajarkan bagaimana Islam itu. Bahkan di Paud Ponpes Sulfat juga sudah mulai di ajarkan bimbingan sholat dhuha, cara berwudu, sholat jamaah, dan doa doa serta ayat pendek.

2. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sulthon Fattah

Setelah anak anak lulus dari PAUD / TK maka anak anak bisa langsung melanjutkan di MI Sulthon Fattah, sehingga anak anak tetap berada pada lingkungan pesantren.

3. MTS Sulthon Fattah

MTS Sulthon Fattah sudah sangat terkenal di linkungan wilayah pamenang selatan. MTS Sulthon Fattah ini tentunya berada dilingkungan pesantren dengan nuansa islami nya. MTS Sulfat ini juga sering memenangi berbagai lomba dan acara yang di adakan di wilayah merangin.

3. SMK Sulthon Fattah

Pondok Pesantren Terbaik pamsel
Sebagian santri putri yang telah khotam Al Quran


Perlu anda ketahui bahwa SMK sulfat ini memiliki dua jurusan yaitu:

  1. Otomatisasi dan tata letak perkantoran (OTPK)
  2. Tata Busana BUTIK

Dengan 2 jurusan tersebut SMK Sulhon Fattah berharap mampu menjadi referensi sekolah SMK terlengkap bagi para pembaca semua.

4. Universtias Terbuka ( UT)

Pada tahun 2021 ini Ponpes Sulfat telah menanda tangani MOU dengan universitas Terbuka Jambi, sehingga harapan kita bersama anak anak yang belajar di Ponpes Sulfat ini dari mulai PAUD sampai kuliah tetap berada di linkungan pesantren sehingga bisa full dalam pengawasan dan mengikuti program progam mengaji yang telah di tetapkan.

Khataman Kitab Alfiyah Ibnu Malik


b) Jenjang pendidikan Non Formal di Pondok Pesantren Sulthon Fattah Pamsel Merangin, Jambi

Jenjang pendidikan non formal di pondok pesantren Sulthon Fattah ada banyak sekali, diantaranya adalah :

  1. Seni Kaligrafi Quran
  2. Seni membaca AL Quran (Qori)
  3. Metode Cepat baca kitab kuning
  4. Hadroh dan sholawat (rutinan)
  5. Group drum band/ Marching band Sulfat
  6. Khitobah / ceramah
  7. Jamiyah Maulid
  8. Jamiyah Manakib
  9. Jamiyah Pengajian selapanan dan lailatul Ijtima'
  10. Jamiyah Fida' Kubro
  11. Praktek ubudiyah
  12. Pencak silat

Pondok Pesantren Temurah Di Merangin
Group Marching Band Sulfat

Pondok Pesantren Terbaik Di jambi
Sebagian santri dalam upacara Hari Santri Nasional

B. Pondok Pesantren paling murah di Merangin, Bangko Jambi.

Dengan segala fasilitas yang ada, ponpes Sulfat merupakan pondok pesantren paling murah di Merangin. Hal ini telah kami buktikan sendiri, dengan fasilitas yang ada tersebut maka seluruh santri di pondok pesantren Sulthon Fattah hanya cukup membayar Rp.400.000 per bulan nya yang telah meliputi pembayaran tentang:

1. Biaya listrik 

Dengan iuran 400 ribu tersebut santri di Pondok Pesantren Sulthon Fattah telah bebas pembayaran listrik selama 1 bulan. Baik listrik asrama, listrik masjid, listrik tempat belajar. Semua telah cukup dengan iuran tersebut.

2. Biaya Madrasah dan kelas kelas mengaji

Selain telah membayar listrik, uang iuran 400 ribu tersebut santri di Pondok Pesantren Sulthon Fattah telah bebas semua biaya kelas mengaji, baik ngaji malam, pagi, sore maupun kajian kajian rutinan dan selapanan. Intinya telah bebas biaya ngaji jenis apapun di Pondok Pesantren Sulthon Fattah.

3. Biaya makan santri dalam 1 bulan

Yang lebih menakjubkan lagi adalah, selain telah bebas biaya listrik dan biaya mengaji seperti di atas, uang iuran 400 ribu tersebut santri di Pondok Pesantren Sulthon Fattah juga telah bebas biaya makan selama 1 bulan full.

Jadi cukup dengan uang 400 ribu, semua biaya di Pondok Pesantren Sulthon Fattah telah lunas. Sedangkan untuk makan nya sendiri di Pondok Pesantren Sulthon Fattah telah ada yang memasak, dan santri makan 3x dalam 1 hari.

Bayangkan, dengan hanya iuran 400 ribu itu semua biaya plus uang makan selama 1 bulan telah BEBAS. Makan nya pun pagi, siang dan sore (malam). Setiap sesi makan dengan varian menu yang berbeda beda. Bahkan pada saat pasar buka (selasa dan sabtu) menu nya adalah ikan atau ayam (kondisional)

Sedangkan menu tahu, tempe, sayur selalu bervariasi tiap hari nya. Coba anda hitung hitung dengan kalkulasi anda. Ini sungguh menjadi pondok pesantren paling murah di Merangin.

Kesimpulan nya untuk ke 3 hal di atas tiap bulan nya santri hanya di bebankan uang 400 ribu.


Demikian reviews kami tentang Pondok Pesantren Terbaik Di Merangin, mungkin anda memiliki saran tentang pondok pesantren yang lain, silahkan kontak kami agar bisa kami reviews. 

               
         
close