Ads 720 x 90

Cara Aman Lebaran Saat Corona

Tidak terasa setelah hampir satu bulan penuh kita menjalankan ibadan puasa di bulan suci Ramadhan, maka tak lama lagi kita akan memasuki 1 Syawal 1442 Hijriah. Walaupun Lebaran tahun 2021 ini masih masa virus pandemi covid 19, namun masyarakat indonesia pada umumnya tentu tak akan pernah mau meninggalkan perayaan tahunan yang telah sama sama dilakukan sejak dulu kala ini. Banyak yang mulai browsing browsing bagaimana tips lebaran saat corona? maka dari itu kami akan share tips cara aman lebaran saat corona ini, semoga bermanfaat bagi anda.

tips lebaran masa pendemi virus corona

Lebaran walau masih masa pandemi namun silaturrohmi harus tetap terjaga, dan suasana harus tetap semangat dan meriah. Lalu bagaimana Cara Aman Lebaran Saat Corona? Ikuti tips cara aman lebaran masa virus corona dibawah ini :

1. Tidak Melakukan Kerumunan Masa pada malam Takbir.

Lebaran biasanya identik dengan takbir keliling, ada yang menggunakan kendaraan, festival lampion dan ada juga yang melakukan pawai obor

tips aman takbir keliling dari corona

Nah agar aman lebaran dari virus corona langkah paling awal adalah STOP melakukan takbir keliling. Karena suka tidak suka, mau tidak mau saat takbir keliling pasti akan terjadi kerumunan masa. Padahal sesuai protokol pemerintah jarak terdekat adalah 1,5 meter. Tahun ini takbir keliling nya stop dahulu, namun bukan berarti kita tidak bisa tetap happy saat moment takbiran ya....Kita tetap bisa melakukan takbir, tahlil, tahmid secara hikmad dan happy. Yah, bersama keluarga atau bersama dengan jamaah masjid/musholla yang tiap saat kita bersama. 


Intinya adalah hindari kontak dengan orang asing atau orang yang tidak biasanya, sedangkan teman jamaah musholla kita atau teman shalat tarawih sehari hari tidak masalah, karena kita tau pasti keseharian nya. Intinya tetep sesuai protokol. Maka tahun 2021 ini mari hidupkan musholla masing masing untuk mengumandangkan takbir, dan stop takbir keliling.

2. Zakat Fitrah

Bayarlah zakar fitrah di lingkungan anda sendiri. Jangan keluar dari lingkungan keseharian anda, dan tetap gunakan masker dan jaga jarak saat membayar zakat. Cuci tangan ketika telah selesai dan jangan kontak dengan mata, mulut, dan hidung.

3. Sesuai Protokol Saat sholat idul fitri.

Langkah kedua Cara Aman Lebaran Saat Corona adalah pada waktu shalat idul fitri tetap lakukan sesuai protokal kesehatan. Langkah penting yang mesti anda lakukan adalah :

Wajib pakai masker, dan jika perlu gunakan sarung tangan tipis

Bawa sajadah dan perlengkapan ibadah dari rumah, ini penting.

Pastikan Wudhu dari rumah, dan penting bagi keluarga anda terutama anak anak silahkan kencing dan BAB dulu sebelum berangkat agar ketika sampai di masjid tidak melakukan itu. Intinya kurangi seminimal mungkin berkerumun dengan orang lain.

Jaga jarak miminal 1,5 m dan jangan ada kontak fisik bentuk apapun bahkan dengan teman, karena saat sholat ied ini semua sudah tidak terkendali.

Buatlah barisan sholat se baris dengan keluarga anda, anak, ayah, kakek, dll supaya lebih efektif

Jangan salaman dengan orang lain, biarlah dianggap cuek namun ini penting. Cukup tangkupkan tangan anda di dada sebagai bentuk penghormatan, orang pasti sudah paham karena masa pandemi.

Langkah terkahir Cara Aman Lebaran Saat Corona adalah jika anda benar benar khawatir lakukan lah sholat idul fitri dari rumah saja. Toh bisa dilakukan sendiri, atau berjamaah saja dengan kelurga anda. mudah kok

4. Lakukan silaturrohmi dengan keluarga jauh dan teman jauh via sosmed dan video call

Ingat teman jauh dan keluarga jauh pada hakikat nya adalah orang asing. Mengapa? Karena kita tidak tau aktivitas keseharian nya. Jadi untuk tips Cara Aman Lebaran Saat Corona adalah lebaran aja via video call bagi teman dan saudara jauh. Intinya lebaran lah di sekitar rumah anda sehari hari, lebih baik seperti ini saja dari pada sampai terdampak wabah corona. Kalau tetangga dan saudara dekat rumah tidak masalah, karena tiap hari kita telah bersama.

5. Setiap aktivitas cuci tangan dengan air mengalir dan kurangi kontak dengan mata, mulut dan hidung.

walaupun kita masih bisa lebaran dengan saudara dekat rumah dan tetangga kanan kiri rumah, namun tetap sesuai protokol dan jangan kontak dengan mulut, mata dan hidung sebelum cuci tangan. ingat bersabar lah sampai rantai penyebaran virus corona ini putus.

6. Mengisi lebaran dengan acara keluarga

Walaupun sekarang masa pandemi virus corona namun anda tetap bisa happy saat lebaran ini. Banyak cara unik dan simpel untuk happy saat lebaran masa pandemi ini. Isilah lebaran dengan acara keluarga. Banyak hal yang bisa anda lakukan bersama keluarga anda, diantara nya adalah :

  • Menonton film bersama keluarga : Ini bisa anda lakukan mengingat kesibukan selama ini apa salah nya jika lebaran ini kita menonton film bersama. Gunakan infokus jika ingin lebih seru lagi.
  • Kreasi makanan dan memasak : Pesta makanan enak adalah hal yang indah dilakukan saat lebaran, anggap aja ini pesta satu tahun sekali. 
  • Foto unik bersama : Berfoto ria denagan keluarga bisa menjadi solusi keindahan kebersamaan bersama keluarga. Anda bisa lakukan berbagai foto lucu dan unik. selamat mencoba
  • Memancing bersama : Lomba memancing di kolam bersama keluarga adalah hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi lebaran dimasa pandemi ini. Cobalah, karena ini akan sangat indah. Carilah kolam sewaan yang privasi dan luas, ajak seluruh anggota keluarga untuk lomba memancing, dan pastikan jaga jarak dari orang asing.

Demikianlah Cara Aman Lebaran Saat Corona semoga bermanfaat bagi anda, terimakasih atas kunjungan anda di gooblin.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter