Pemkab Kebumen Akan Larang Hajatan & Tutup Objek Wisata Saat Lebaran

Posting Komentar


Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menggelar Rakor Ekonomi, Keuangan, Industri dan Perdagangan (Ekuinda) untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Diketahui, salah satu poin yang dibahas dalam rakor tersebut adalah larangan warga menggelar hajatan selama sepekan pasca lebaran.


Bupati Kebumen Arif Sugiyanto selaku pemimpin rapat mengatakan pemerintah telah menetapkan larangan mudik telah dalam rangka mencegah lonjakan kasus seperti di tahun sebelumnya. Terlebih, pandemi COVID-19 juga masih berlangsung di Kabupaten Kebumen Hingga kini.


Selain itu, lanjut Arif, langkah tegas lain yang dilakukannya yakni melarang warga menggelar hajatan dalam waktu sepekan pasca lebaran.


"Larangan untuk mengadakan hajatan dalam rentang waktu satu minggu setelah lebaran dan juga kegiatan lain yang mengumpulkan banyak orang, apalagi lebih dari 100 orang," kata Arif saat memimpin rapat pada Jumat (30/4/2021).


Tak hanya hajatan, Arif pun menegaskan akan membatasi mobilitas masyarakat ke objek wisata saat lebaran nanti. Ia menambahkan objek wisata khususnya yang dikelola Pemkab akan ditutup sejak awal lebaran hingga H+3 lebaran.


"Objek wisata akan ditutup sementara saat lebaran hingga H+3," imbuhnya.


Sementara itu, Arif menjelaskan berdasarkan laporan dinas terkait kebutuhan pokok masyarakat menjelang lebaran dinyatakan aman dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. Adapun bahan pokok yang dimaksud antara lain BBM, LPG, beras, bawang merah, bawang putih, cabai, minyak goreng hingga daging. Kendati demikian, ia pun menyampaikan ada beberapa komoditi yang mengalami fluktuasi harga yang rendah sejak sepekan terakhir.


Arif menyampaikan berdasarkan laporan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, pasar-pasar tradisional di Kebumen sudah membenahi sarana prasarana protokol kesehatan seperti penambahan tempat cuci tangan, sabun serta imbauan yang mengharuskan pedagang dan pengunjung menggunakan masker serta menjaga jarak.




Sebagai informasi, Rakor Ekuinda yang dilaksanakan di Ruang Rapat Gedung F Kompleks Setda ini dihadiri pula oleh Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, dan Kepala OPD terkait.

Related Posts

Posting Komentar