Ads 720 x 90

Cara Mudah Membuat Printer Awet dan Tahan Lama

gambar
Umur simpan sebuah printer tergantung pada penggunaan dan pemeliharaan oleh anda sendiri maupun karyawan anda, jika itu adalah sebuah printer kantor. Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah kerumitan pekerjaan cetak, jenis bahan atau kertas dan tinta yang digunakan, serta jadwal perawatan anda, sebagian besar printer modern dapat bertahan bertahun-tahun atau bahkan beberapa dekade.

Untungnya, ada beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai printer apa pun. Berikut ini kami rangkum beberapa cara membuat printer pribadi maupun kantor anda menjadi lebih awet dan tahan lama secara mudah.

1. Gunakan Kertas Berkualitas Tinggi

Salah satu cara paling mudah dan cerdas dalam hal memperpanjang masa pakai printer adalah memastikan anda menggunakan kertas berkualitas tinggi.

Hal ini memastikan tidak hanya bahwa kertas tidak akan macet di dalam printer dan menyebabkan kerusakan, tetapi juga tinta melekat ke kertas dan mencetak secara efisien. Kertas berkualitas buruk cenderung robek atau menyebabkan masalah tinta yang dapat merugikan dalam jangka waktu lama.


2. Gunakan Kartrid Tinta Original dan Berkualitas Tinggi

Sangat menggoda untuk menggunakan kartrid tinta yang tidak bermerek di printer mana pun karena harga yang ditawarkan tidak menguras kantong anda, tetapi itu bisa menjadi penyebab kerusakan printer anda di kemudian hari.

Jika tinta dibuat secara khusus oleh pabrikan atau disetujui secara resmi, itu berarti kemungkinan tinta akan bocor ke printer akan sangat kecil. Maka dari itu anda harus mempertimbangkan untuk membeli kartrid tinta yang asli dan berkualitas tinggi. Ditambah dengan kertas berkualitas tinggi, anda dapat berharap printer anda bertahan lebih lama dari waktu ke waktu.


3. Perawatan dan Pemeliharaan Printer Secara Rutin

Ada dua keuntungan utama dalam hal perawatan printer yang teratur dan terjadwal.

Salah satunya adalah manfaat nyata dari melakukan perbaikan, membersihkan perangkat, dan memastikan firmware sudah diperbarui. Printer yang dirawat dengan baik akan bertahan lebih lama.

Manfaat kedua adalah pemeliharaan printer terjadwal yang dilakukan petugas servis sangat ideal dalam hal mencari masalah yang berulang. Petugas service dapat mencari masalah yang dapat menyebabkan kerusakan (jangka pendek atau jangka panjang) dan menyelesaikan semua masalah yang mungkin membuat printer tidak bertahan lama.


4. Tingkatkan Proses Alur Kerja Anda

Ini mungkin tampak tidak terkait, tetapi proses otomatisasi alur kerja yang cerdas dapat membuat printer bertahan lebih lama. Alasannya adalah bahwa proses ini harus dirancang untuk membantu karyawan memaksimalkan infrastruktur pencetakan anda di perusahaan, mengoordinasikan pekerjaan, merancangnya untuk produksi terbaik, dan bahkan menghilangkan pemborosan dan pekerjaan cetak tambahan. Semakin banyak karyawan tahu tentang apa yang akan dicetak dan bagaimana mengaturnya, semakin sedikit pekerjaan yang harus dilakukan printer.

Berikut adalah contoh cara kerjanya. Misalkan departemen pemasaran di perusahaan anda membuat brosur baru. Proses otomatisasi alur kerja akan membantu karyawan mengatur dokumen, membayangkan bagaimana mereka akan mengurus produksi akhir, dan mengoordinasikan pekerjaan pencetakan sebagai sebuah tim. Artinya, hasil akhir tidak akan membebani printer sebanyak (atau bahan habis pakai).


5. Melatih Karyawan Tentang Cara Menggunakan Printer

Tips lain terkait membuat printer lebih tahan lama berkaitan dengan pelatihan karyawan.

Kita semua akan melihat ini sebelumnya - pekerjaan cetak terkonfigurasi dengan salah, dan karyawan tidak tahu setelan mana yang harus digunakan dan menyebabkan kerusakan atau masalah pada perangkat.

Dengan melatih karyawan untuk menggunakan printer, anda akan memastikan bahwa mereka mengetahui fitur mana yang digunakan dan cara memanfaatkan perangkat secara maksimal, tetapi anda juga akan meningkatkan masa pakai perangkat karena sebagian besar (jika tidak semua) pekerjaan cetak akan dikonfigurasi secara tepat.

Salah satu manfaat yang di dapat dengan cara ini adalah bahwa karyawan yang tahu cara menggunakan printer sebenarnya akan menghasilkan lebih sedikit pekerjaan cetak, yang pada akhirnya membuat printer bertahan lebih lama.



Semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu anda lebih bijak lagi dalam memelihara printer anda agar awet dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter