Ads 720 x 90

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Kebanyakan laptop memiliki pencahayaan (brightness) LED yang dapat diatur menjadi lebih terang atau lebih redup.

Biasanya pabrikan menyertakan tombol tersendiri pada keyboard laptop untuk menurunkan atau menaikan tingkat brightness-nya. Posisi tombol tersebut berbeda-beda tiap pabrikan, biasanya ada di sisi atas sebelah kanan keyboard seperti gambar berikut.


Kamu hanya perlu menekan tombol cahaya redup atau cahaya terang. Jika kamu menekan tombol cahaya redup berkali-kali maka bertahap pencahayaan LED akan semakin redup begitu pun sebaliknya.


Namun ada beberapa jenis laptop yang tidak memiliki tombol pengaturan cahaya. Kamu bisa memanfaatkan pengaturan cahaya yang tersedia pada sistem operasi laptop kamu. Jika kamu menggunakan Windows 10 kamu bisa mengetikan brightness pada kolom pencarian lalu pilih Change Brightness Level.


Selanjutnya kamu bisa menggeser tingkat pencahayaan dengan skala dari 1 sampai 100. Semakin kecil nilainya semakin redup, begitu pula sebaliknya.


Jika kedua cara di atas sudah kamu lakukan namun tidak berpengaruh pada tingkat pencahayaan LED di laptop kamu, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, diantaranya:
  1. LED laptop kamu tidak mendukung pengaturan tingkat cahaya
  2. Driver atau sistem operasi (Windows) kamu tidak kompatibel dengan komponen LED. Kamu bisa melakukan install ulang driver untuk mengatasi kendala ini.
  3. Komponen pengatur kecerahan LED sudah rusak secara fisik.
Perlu diketahui, semakin cerah LED laptop kamu akan semakin cepat menguras daya baterai. Atur tingkat cahaya seperlunya agar tidak mengganggu penglihatanmu dan kamu bisa menggunakan laptop lebih lama sebelum di-charge.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter