Cara Buat Flowchart Online Menggunakan App Diagrams

Posting Komentar
Dengan mengakses app.diagrams.net kamu sudah bisa membuat flowchart secara online tanpa perlu repot-repot download dan install Microsoft Visio.

Berikut adalah contoh flowchart yang dibuat menggunakan App Diagrams.


Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengakses https://app.diagrams.net melalui browser seperti Google Chrome di komputer atau melalui smartphone.

Saat pertama kali mengakses App Diagrams, kamu akan diberikan beberapa opsi yang menawarkan di mana file diagram akan disimpan. App Diagrams sudah bisa diintegrasikan dengan Google Drive, One Drive atau simpan di perangkat kamu.


Memilih menyimpan di penyimpanan cloud seperti Google Drive memiliki banyak kelebihan, kamu tidak perlu melakukan save secara manual, karena setiap perubahan yang kamu lakukan akan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Selain itu, kamu juga bisa share diagram dan membuatnya bersama-sama secara langsung dengan rekanmu.

Ada banyak sekali template yang bisa kamu jadikan dasar dalam membuat diagram, Flowchart, Class Diagram, Network, Maps, Cloud adalah beberapa diantaranya. Dengan menggunakan template, proses membuat diagram menjadi lebih cepat karena hanya melakukan beberapa perubahan. Kamu juga akan diberikan pilihan bagan yang lebih sesuai dengan jenis diagram.


Di bagian kiri kamu bisa mencari bagan yang sesuai untuk ditambahkan ke lembar diagram. Kamu juga bisa mencari bagan tertentu dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian. Klik + Bentuk Lainnya untuk menemukan lebih banyak bagan.


Pada menu Berkas, kamu bisa melakukan impor atau ekspor diagram. Kamu juga bisa melakukan print out secara langsung melalui sub menu Cetak.

Menariknya, pada menu ekspor, kamu bisa menyimpan diagram dalam bentuk file gambar seperti PNG dan JPEG. Selain file gambar, diagram juga bisa disimpan dalam bentuk file PDF atau VSDX. Sebagai informasi, VSDX adalah jenis file image yang dapat dibuka dan diolah kembali menggunakan Microsoft Visio.


Fitur lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu menyisipkan teks, menambahkan gambar, menambahkan plugin dan mengganti tema.

Kelebihan menggunakan App Diagrams dibanding Microsoft Visio:
  1. Gratis
  2. Terintegrasi dengan penyimpanan cloud
  3. Mudah digunakan
  4. Tidak memerlukan instalasi aplikasi
  5. Mendukung Bahasa Indonesia
  6. Menyimpan otomatis
  7. Membuat diagram bersama secara online
  8. Pilihan bagan yang lengkap
  9. Fitur selalu diperbarui
  10. Dapat kembali ke diagram versi lama yang kamu buat

Related Posts

Posting Komentar